Jumat, 27 Februari 2015

[Bazaar Online] Inas Craft Hadir Kembali



Halo! Apa kabar? Lama tidak berjumpa! Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu, ya. Aamiin. Setelah beristirahat selama satu tahun lebih, kini Inas Craft hadir kembali. Ya, akseoris buatan tangan saya ini akan hadir dengan berbagai koleksi terbarunya. 

Numpang curhat dulu. Sebenarnya, selama ini kegiatan inas craft tetap berjalan. Saya hanya berhenti berjualan online. Saya tetap membuat aksesoris berdasarkan pesanan dari pelanggan lama dan para tetangga saja. Menjual aksesoris di toko obat milik sendiri, dan menitip jual aksesoris pada toko pakaian juga masih berjalan hingga saat ini. Kesibukan mengelola toko obat membuat waktu saya tersita hingga tidak sempat membuat aksesoris dalam jumlah banyak untuk dijual secara online.

Selanjutnya, saya ingin cerita tentang design aksesoris yang saya buat. Inas craft mengusung design yang simple. Kenapa? Karena pada dasarnya saya adalah orang yang simple dan tidak suka dengan aksesoris yang berkesan 'ramai'. Saya juga tipe orang yang tidak ingin disamakan dengan orang lain. Itu semua akhirnya 'tertular' pada hasil karya saya: simple dan manis. Satu lagi kelebihan inas craft: aksesoris dibuat dalam jumlah terbatas. Setelah satu seri dipasarkan, setelah habis, saya tidak memproduksinya lagi (kecuali jika ada permintaan konsumen). Jadi, dijamin aksesoris Inas craft tidak pasaran karena tidak diproduksi masal.

Seperti impian pedagang pada umumnya, saya ingin usaha Inas craft ini bisa maju. Saya mulai mencari informasi. Dan... saya menemukan buku ini! "Sukses Membangun Toko Online" karya Carolina Ratri menjadi panduan saya untuk langkah selanjutnya.

Baca buku sambil jaga toko
Sedikit cerita awal mula saya mendirikan Inas Craft, ya. Saat itu, dua tahun yang lalu, saya iseng membuat jarum pentul yang dihias bunga mawar yang terbuat dari pita satin. Iseng bikin banyak dan ternyata laku dijual! Dengan model yang sama, saya membuat cincin mawar pita. Jarum pentul mawar.

Jarum pentul mawar (ukuran kecil dan besar), dan cincin.
Jarum pentul model lain yang saya buat adalah jarum pentul dari bunga sifon. Pentul sifon ini langsung habis terjual setelah dilirik tetangga. Saya membuat bunga dari kain sifon bermotif dan polos (tidak nampak dalam foto).

Pentul bunga sifon
Dari jarum pentul, saya belajar membuat bros, lalu bando dan bandana. Bahan yang saya gunakan adalah kain perca dan kain felt (biasa disebut kain flanel). Selain untuk membuat bros, kain flanel kemudian saya kreasikan menjadi ikat rambut, jepit tiktok, dan bros mini. 

Bandana bayi. Bunga bisa untuk bandana anak, bando, atau bros.

Sedang membuat bros, jepit, dan ikat rambut

Bros ukuran kecil ternyata punya penggemar sendiri, termasuk saya. Maka saya membuat beberapa bros berukuran kecil dari kain flanel, pita satin, dan kain perca. Bros ini biasanya untuk disematkan di dagu atau di kepala. Khusus untuk yang tidak ingin tampil mencolok dengan bros besar, tapi tetap terlihat manis mengenakan bros mini.

Bros kain kaca best seller dan buku ngetop


Saya juga membuat bros berukuran sedang seperti bros kain kaca pada foto di atas. Bros ukuran sedang ini biasanya laris dibeli oleh anak sekolah. Ukurannya pas untuk menghias kerudung para siswi sekolah. Model simpel dan harga bersahabat juga menjadi pertimbangan mereka saat membeli bros tersebut.

Kalau bros berukuran besar, ada? Ada. Bros bunga sifon menjadi bros terlaris karena modelnya yang cantik. Ssst, saya bahkan membagi tutorial cara membuatnya lho. Boleh cari di blog ini. Membuatnya tidak sulit, kok!

Bros bunga sifon motif
Bros bunga sifon polos
Ada yang lebih besar lagi? Ada dong! Tapi bukan bros. Kalau pakai bros kegedean, kan serem juga, hehe. Aksesoris ukuran terbesar yang saya buat adalah jepit cepol jilbab. Pembuatannya cukup rumit dan menghabiskan banyak kain perca. Saya hanya membuatnya berdasarkan pesanan saja.  

Jepit cepol jilbab
 Ada beberapa aksesoris yang saya buat ekslusif karena bahan yang terbatas. Bahan kain prada sisa baju milik ibu saya ini hanya ada sedikit. Ada yang sempat saya jahit menjadi hiasan bando dan bros berbentuk bunga mekar. Sisa kain terakhir saya jadikan bros dan jepit. Karena spesial, bros dan jepit rambut tersebut saya jadikan sebagai sponsor dalam giveaway (GA) yang diadakan oleh Mbak Nurul Noe.

Bros dan jepit rambut dari batik prada
Menjadi sponsor giveaway berikutnya, saya memilih untuk memberikan jepit tiktok pita (kreasi terbaru saya saat itu) kepada Mbak Muna Sungkar. Kemudian tetangga mertua saya di Ciapus Bogor, Rani, yang sedang menyelenggarakan GA juga saya bantu. 

Kenapa mau menjadi sponsor GA?  Ada rasa senang dan bahagia bisa ikut membantu sesama teman blogger yang sedang menyelenggarakan GA. Alasan lainnya, tentu saja untuk promosi Inas Craft ^_^


Jepit tiktok pita
Ada jepit tiktok, ada juga jepit buaya (ukuran besar dan kecil), dan jepit rambut. Jepit rambut dengan penjepit ukuran besar ini biasanya dipakai untuk menghias kuncir rambut. Saya pernah membuat tiga macam jepit rambut untuk Cici penjual kain di pasar. Kebetulan saat itu saya membawa buku tutorial aksesoris. Beliau langsung menunjuk model yang disuka. Setelah jadi, kain yang saya beli dari Cici balik lagi dong (dalam bentuk bunga jepitan) :D

Jepit rambut pesanan Cici
Bagaimana selanjutnya? Setelah pesanan semakin banyak, saya kewalahan. Masalahnya terletak pada bagian produksi. Saya belum bisa membagi waktu untuk membuat lebih banyak aksesoris. Akhirnya, saya terpaksa berhenti berjualan online dan hanya fokus pada penjualan offline saja. Jujur, kondisi tersebut membuat saya menjadi galau. 

Dalam masa galau tersebut, buku "Sukses Membangun Toko Online" membuka mata saya. Duh, saya nggak bisa terus begini. Saya harus berbuat sesuatu jika ingin maju! Setelah membaca, saya mulai mengikuti step by step membangun toko online.

Saya pesan label secara online, lengkap dengan alas bros, alas bandana, dan stiker kirim. Design label yang cantik membuat hasil karya saya jadi lebih menarik saat dipajang. Seperti pada foto berikut:
Bros bunga besar dari kain perca

Bukunya lagi tiduran di atas label :D
Langkah selanjutnya, membenahi website Inas Craft. Semua postingan yang berhubungan dengan Inas Craft di blog www.ceritaemakriweuh.blogspot.com saya pindahkan menjadi blog baru yang sedang anda kunjungi sekarang ini. Masih berantakan ya. Nanti akan saya benahi lagi. 

Selain website, saya juga membuat akun Instagram khusus untuk Inas Craft. Belum banyak foto yang ditampilkan. Khusus untuk Instagram, saya hanya akan mengunggah foto aksesoris yang ready stock saja. 

Sudah siapa berjualan? Insya Allah.  Saat postingan ini dibuat, rumah saya sedang direnovasi. Selama satu bulan terakhir, kondisi rumah saya sangat berantakan. Saya tidak dapat memastikan kapan renovasi rumah ini selesai. Sebuah kamar mungil di dekat dapur sedang disiapkan untuk menjadi bengkel kerja saya. Mudah-mudahan saya bisa segera menempati kamar tersebut secapatnya, lalu mulai berkreasi.

Kreasi terakhir Inas Craft
Saya sebagai model :D
Jadi, jangan pergi ke mana-mana dulu, ya! Nantikan kehadiran Inas Craft dengan berbagai koleksi terbaru. Tunggu tanggal mainnya ^_^

 Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu 




















30 komentar:

  1. Kreatif bgd mbak..
    Berpromosi produk dg mnjadi sponsor GA jg sip mbak...
    Oke oke ditunggu update produk2 barunya ya mbak...
    Sukses :)

    BalasHapus
  2. kreatif mbak, bagus2 hasil karyanya....itu pentulnya lucu banget hehehe
    sukses terus ya mbak^^

    BalasHapus
  3. Sukses dengan toko craftnya, mba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih buat doanya, mbak ratna :*

      Hapus
  4. Wah.. salut. dengan keriweuhannya masih bisa bikin kreasi yang punya nilai jual.Apalagi dengan fasilitas "bengkel" baru nanti. Yakin deh, makin banyak kreasinya. Sukses ya, mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bengkelnya belum kelar, hiks. mudah2an bisa cepat selesai.
      aamiin, makasih dukungannya, mak waya :*

      Hapus
  5. Iiihhh gemess....lucu2 bgt mak. Suke semua :)
    Makasih banget udah nyeponsorin GA ku ya mak semoga laris manis dagangannya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah gemes, makcan :D
      aamiin, tengkiyu so muchh much muahh

      Hapus
  6. Cantiiiiik! Mak, aku mau pesen yaaa. Itu yang model jarum pentul, lucuk! ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih maak.
      boleh mak, boleh banget kalo mau pesen *kedip2*

      Hapus
  7. Loh kayaknya aku udah komen kemarin koq nggak muncul ya :)
    Seneng banget ya mak kalau bisa mendesain sendiri sesuai keinginan ataupun pesanan. Semoga toko obat maupun Inas Craftnya bisa maju seiring sejalan ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, suka2 banget kesannya saya yah, hihi.
      aamiin, makasih banyak untuk doanya mak uniek. doa yg sama untukmu juga :*

      Hapus
  8. brosnya cantiik mak! semoga toko obat dan inas craft nya bisa maju dan sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih banyak mak lathifah ^_^

      Hapus
  9. Bagus dan keren euuy karyanya. Naksir sama tuspin pita yg garis garis. KayakY cocok bwt anaku..hehee. semangat terus ya Mba. Semiga usahanya maju lancarr

    BalasHapus
  10. Wah sudah dibikinkan blog sendiri rupanya, Cakeeeep :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. maak makasih banyak buat jawaban pertanyaan ttg pindahan blog ya *kisskiss*

      Hapus
  11. cakep-cakep...sukses mak inna...

    BalasHapus
  12. Wow! Semangat dan kreatifitasmu luar biasa, Mak! Sukses yaaaa! Aih, aku mau dunk pesan pentul mawarnyaaa. Cantik dan imut. Aku juga penyuka mawar akut, nih, Mak Inna! Oya, sukses juga untuk ngontesnya yaaaa. Jadi terinspirasi juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak alaika. aamiin.
      mohon maaf mak, karna sesuatu hal, 'pabrik'nya belum mulai berproduksi. nanti kalau sdh ada, saya colek boleh yaa. tengkiyuu *muah*

      Hapus
  13. banyak banget mak kreasinya. Semoga tambah maju ya.... sukses terus

    BalasHapus
  14. lucu-lucu mbak brosnya...sukses ya ^_^

    BalasHapus
  15. mbak..mohon bimbingannya ya..;) aku juga lagi ngawalin..boleh ya blog inas crafnya di follow

    BalasHapus
  16. inspirative sekali... juga tersedia souvenir pesta sederhana dan murah di http://simpelgift.blogspot.co.id/

    BalasHapus