Senin, 03 Februari 2014

Tutorial Aplikasi Pita dari Kain Perca




Bismillahirahmanirahim....


Ini pertama kali saya bikin tutorial. Mohon maaf sebelumnya jika kualitas foto kurang sempurna. Harap maklum, saya bukan pemakai smartphone dan tidak pintar memotret. Semoga step by step-nya cukup jelas untuk diikuti, ya. Yuk, mari mulai.


Saat ini saya ingin berbagi tutorial membuat aplikasi pita dari kain perca. Aplikasi ini nanti bisa dibuat menjadi hiasan bros, bando, bandana, atau jepit rambut. 

Bahan-bahan:
  • kain perca
  • gunting
  • jarum
  • benang jahit
  • pita satin (jika diperlukan)
Cara membuat:
  • Gunting pola dasar berbentuk persegi panjang (foto 1). Ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan.
Foto 1
  • Balik kain. Lipat menjadi dua bagian (foto 2). Sisi dalam kain terlihat ada di luar.
Foto 2
  • Jahit jelujur pinggiran kain (foto 3)
Foto 3

  • Balik kain hingga menyerupai bantal kecil (foto 4).
Foto 4
  • Lipat ke dalam pinggiran kain yang belum dijahit. Jahit bagian dalamnya untuk menutup bagian yang terbuka. Usahakan benang jahit jangan terlihat di permukaan kain bagian depan atau belakang. Jadi, jahitan ada di bagian dalam kain saja (foto 5).
Foto 5
  • Hasilnya jadi seperti pada foto 6 berikut:
Foto 6

  • Lipat menjadi dua bagian. Lipat kembali sisa kain menjadi seperti bentuk akordeon (foto 7).

Foto 7

  • Agar lipatan tidak lepas, jahit bagian tengah (foto 8). Ingat, tengahnya saja ya.
Foto 8
  • Hasilnya adi seperti ini:
Foto 9
  • Selanjutnya, mambuat bagian tengah pita. Gunting kain perca seperti pada foto 10.
Foto 10
  • Lipat kain yang memanjang ke bagian tengah. Tempelkan ke bagian tengah pita, lalu jahit di bagian belakangnya (foto 11).

Foto 11

Selesai! Aplikasi pita sudah siap untuk ditempel menjadi jepit rambut, hiasan bando atau bandana. Untuk membuat bros bisa menambahkan peniti di belakang pita. Aplikasi ini masih bisa diberi tambahan lain, misalnya renda sebagai dasarnya atau rantai mote, dsb.

Aplikasi pita dari kain perca yang sudah jadi


Oia, untuk bagian tengah pita, bisa juga menggunakan pita satin ukuran 1 cm. Sesuaikan warnanya, ya. Jika pita kain bermotif, gunakan pita satin yang polos. Begitu juga sebaliknya. Lebih gampang pakai pita satin, karena tidak perlu dilipat lagi dan tinggal menjahit saja di bagian belakangnya.

Sekian tutorial perdana dari saya. Selamat mencoba ^_^



15 komentar:

  1. Wah kebetulan di rumah kami ada banyak kain perca yang tidak tau mau diapakan. Terima kasih tutorialnya ya. AKan kami coba prakttekkan di rumah hihiihiihi

    BalasHapus
  2. kereeenn.. ini bisa dibuat bros, cantik!

    BalasHapus
  3. warnanya cantik Mak, eh simple ternyata ^^

    BalasHapus
  4. simpel banget ya mbk,bisa buat apa aja...bandana,bros,hiasan sepatu,dll

    BalasHapus
  5. Unyuuuuu bgt mak, di bikin bross lucu x ya. Bikin ya jg ga susah tp lbh nak kl dikirim jdnya lgs aja Gmn :-P

    BalasHapus
  6. Gampang ya bikinnya. Kapan2 mau coba bikin. Thank u postingannya

    BalasHapus
  7. Ayo, ayo...silakan dicoba. Gampang kan caranya ^_^

    BalasHapus
  8. @Mak Muna: coba bikin, Mak..gamfang kok :)
    Mau dikirim? Pesen berapa banyak sis? Hihihi

    BalasHapus
  9. Waaa... cantik bener hasil jadinya Mak.
    Salut deh ama emak2 yang rajin bener buat kreasi spt itu :D

    BalasHapus
  10. bs buat hiasan rambut anak, ya, Mak :)

    BalasHapus
  11. Oh aku pernah bikinin untuk prakarya anakku. Tapi hasilnya tetep lain, nggak serapi ini :D

    BalasHapus
  12. asik nih, pengen nyoba bikin

    BalasHapus
  13. Tetep suka pita biar kata udah tuirr jugaaa... :)

    BalasHapus
  14. Tetep suka pita biar kata udah tuirr jugaaa... :)

    BalasHapus